Pengertian Logistik

Istilah logistik berasal dari bahasa Yunani, yang terdiri dari dua suku kata, yaitu logic, yang berarti rasional, masuk akal dan dapat dipertanggungjawabkan dan thicos, artinya berpikir.
Jika arti kedua suku kata tersebut dirangkai, memiliki makna berpikir rasional dan dapat dipertanggungjawabkan.


Istilah logistik sudah sejak lama digunakan dan mulai terkenal pada perang dunia II yang pada saat ini digunakan oleh angkatan perang Amerika Serikat. Bahkan jauh sebelum saat ini, tentara Romawi diperkirakan telah menggunakan istilah logistik.


Di berbagai negara, logistik memiliki sebutan yang berbeda beda seperti : business logistics, channel management, distribution, industrial logistics, logistical management, material management, physical distribution, quick response systems, supply chain management, dan supply management.

Istilah logistik mencakup banyak aspek dan kegiatan yang sangat luas, maka pengertian dan definisi dapat diuraikan beraneka macam. Pada dasarnya kegiatan logistik sama tuanya dengan peradaban umat manusia, tetapi istilah itu sendiri relatif baru, secara sadar atau tidak sadar setiap manusia, rumah tangga, kantor, perkumpulan atau organisasi-organisasi lain, memiliki unsur dan atau menyelenggarakan logistik, meskipun kenyataannya tidak selalu menggunakan istilahnya. Para ahli juga berusaha untuk menjelaskan tentang pengertian dari Logistik, diantaranya :
Moller (1994):
Usaha untuk memastikan ketersediaan suatu produk dalam kuantitas, kondisi dan waktu yang tepat.
Logistics Council Management (1991):
Proces, perencanaan, implementasi, dan pengendalian aliran serta penyimpanan produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Ballou (1999):
Kumpulan aktivitas yang berulang pada suatu jalur tempat terjadinya perubahan bahan mentah menjadi produk serta penambahan nilai produk dipandang dari sisi konsumen.
Council of Logistic Management (1998):
Logistic management is the part of the supply chain process that plans, implement, and controls the efficient, effective flow and storage of goods, service, and related information from the point of origin to the point of consumption in order to meet customer requirement.

Dari pengertian tersebut, dapat dirumuskan bahwa Logistik adalah suatu proses perencanaan, pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, pengendalian, pemantauan, dan pengevaluasian aliran barang dan informasi yang efektif dan efisien, dalam jumlah yang tepat pada waktu yang dibutuhkan dan dengan total biaya terendah, terkait dari titik awal ke titik konsumsi.

objek, aktivitas dan misi logistik

ilustrasi aktivitas logistik


Pengertian Logistik Pengertian Logistik Reviewed by Denny Trisna on 8:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.