Sertifikat Berikut Penting Untuk Bekerja



1. SAP
183.000 lebih perusahaan di dunia dan lebih dari 250 perusahaan di seluruh dunia mengaplikasikan SAP sebagai collaborative business software. Semua perusahaan besar dan utama dunia dan indonesia mengaplikasikan SAP, carrefour salah satu contohnya. Dengan sertifikasi SAP, kamu akan welcome di ratusan ribu perusahaan yang mengaplikasikan SAP sebagai sistem manajemen terintegrasi-nya. SAP bisa diaplikasikan di segala jenis industri: industri jasa, retail, rumah sakit, pabrik, dll.
website SAP indonesia:
http://www.sap.com/indonesia/index.epx

dimana mendapatkan sertifikasi SAP:
-. ikut kursus dan ujian sertifikasinya (biayanya diatas Rp 25 juta)
-. Kuliah di POLTEKPOS (www.poltekpos.ac.id), cukup dengan biaya SPP Rp 3,2 jt/semester dan uang pangkal Rp.10 juta (termasuk dapet laptop, dll) untuk D3 dan SPP 4 juta untuk D4, kamu bisa dapetin sertifikasi SAP, setelah itu bisa melanjutkan ke program extension UI, jadi deh ijazah S1 kamu UI (plus sertifikasi, yang tidak didapatkan anak UI yang masuk via SNMPTN)
copas dari website poltekpos:

SAP University Partnership Program

Senin, 27 Desember 2010
Saat ini Politeknik Pos Indonesia sudah tergabung dengan program SAP UPP ini. Ada beberapa benefit yang diharapkan bisa diperoleh oleh mahasiswa politeknik pos indonesia, antara lain:
Peningkatan Kualitas Lulusan
Mempelajari proses-proses perusahaan melalui aplikasi terbaik merupakan cara yang paling efisien dalam mempraktekan teori best practise yang ada. Secara otomatis, para lulusan yang dihasilkan memiliki image dan kwalitas yang tinggi. Hal ini menambah kepercayaan para pemain utama industri untuk merekrut para lulusan dari Politeknik Pos Indonesia yang telah memiliki kerjasama dalam program ini.
Memperluas Pengembangan Karir
Jika kita melihat, ada lebih dari 250 perusahaan Indonesia yang telah mengimplementasi aplikasi SAP sebagai alat mengintegrasi proses di perusahaan. Dengan kata lain, keberhasilan dan kelancaran proses operasional di perusahaan-perusahaan bergantung pada satu aplikasi. Disini dapat terlihat besarnya kebutuhan akan key user yang tidak hanya dapat melakukan 1–2 transaksi tapi juga mengerti proses-proses yang harus dilaksanakan untuk setiap fungsi di perusahaan. Melalui SAP UPP, mahasiswa akan mendapatkan nilai lebih karena memiliki kesempatan untuk memfokuskan karir lulusan Politeknik Pos Indonesia sebagai key user SAP di perusahaan-perusahaan dalam maupun luar negeri.
Proyek Riset
SAP UPP telah dilaksanakan oleh lebih dari 510 universitas di 37 negara, termasuk Indonesia. Sekitar 140,000 siswa telah terdaftar setiap tahunnya. Komunitas ini telah terbentuk secara solid sehingga segala bentuk penelitian yang berhubungan dengan SAP akan di dukung secara maksimal. Pada komunitas ini, SAP menyediakan White Papers, Case Studies, Innovation Watch, Innovation Congress, bahkan para staff pengajar dapat ikut serta melakukan penelitian terhadap perusahaan yang sedang atau telah melakukan implementasi SAP.
Modul SAP Academic Yang Dintegrasikan dalam Kurikulum Politeknik Pos Indonesia
Pada dasarnya, SAP terbagi dalam modul-modul inti yang menggambarkan fungsi-fungsi di perusahaan. Seiring dengannya, modul yang diintegrasikan dalam SAP UPP Politeknik Pos Indonesia adalah:
Modul dasar:
SAP01 – SAP Overview
Modul khusus:
AC010 – Business Processes in Financial Accounting
AC040 – Business Processes in Management Accounting (Controlling)
HR050 – Business Processes in Human Capital Management
SCM500 – Business Processes in Procurement
SCM600 – Business Processes in Sales Order Management
SCM100 – Planning Overview
SCM300 – Manufacturing Overview
ADM100 – SAP Web AS Administration I
BC400 – ABAP Workbench

di POLTEKPOS, kurikulum SAP diselip-selipkan di SKS kuliah POLTEKPOS, sehingga setelah lulus, langsung dapet sertifikasi SAP


2. CCNA (Cisco Certified Network Associate)
copas dari website cisco:
Cisco Certified Network Associate (CCNA) validates the ability to install, configure, operate, and troubleshoot medium-size route and switched networks, including implementation and verification of connections to remote sites in a WAN. CCNA curriculum includes basic mitigation of security threats, introduction to wireless networking concepts and terminology, and performance-based skills. This new curriculum also includes (but is not limited to) the use of these protocols: IP, Enhanced Interior Gateway Routing Protocol (EIGRP), Serial Line Interface Protocol Frame Relay, Routing Information Protocol Version 2 (RIPv2),VLANs, Ethernet, access control lists (ACLs).
karyawan Indosat rebutan nih buat kursus CCNA, padahal masih harus bayar, karena sertifikasi ini sangat penting bagi perkembangan karir di dunia IT.
website Cisco:
http://www.cisco.com/web/learning/le3/le2/le0/le9/learning_certification_type_home.html

bagaimana cara mendapatkannya?
-ikut kursus CCNA, dengan biaya lebih dari Rp 25 juta(kursusnya), sertifikasinya bayar lagi...
-kuliah di POLTEKPOS. biarpun kamu alumni teknik informatika ITB atau fakultas ilmu komputer UI/teknik elektro UI, kalo nggak ikut kursusnya dan ujian sertifikasi sendiri ya kamu nggak dapet CCNA

Sertifikasi Keahlian Mahasiswa

Senin, 27 Desember 2010
Politeknik Pos Indonesia membekali para mahasiswanya dengan sejumlah sertifikat profesi/teknis sesuai standar industri saat ini
Cisco Certified Network Academy (CCNA)
Microsoft Certified Professional (MCP) khususnya untuk lingkungan sistem operasi client/server, database, dan development tools.
Oracle Certified Associate (OCA) baik sebagai administrator maupun developer
CILT (Charterred International for Logistics and Transportation), Sertifikasi logistik dan transportasi internasional
Sertifikat Export-Import
Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeaan (PPJK)
Brevet Pajak A dan B
TOEFL/TOEIC
SAP Modul melalui program University Partnership Program (UPP)


3. Oracle
pernah denger JAVA? nah oracle inilah yang membuat java. inilah sertifikasi IT kelas dunia yang dibutuhkan siapa saja yang bergelut di dunia IT. sesuai mottonya: "Hardware & Software, engineered to work together". oracle inilah sistem hardware dan software terintegrasi, yang digunakan oleh ratusan ribu perusahaan di dunia, ratusan juta handphone, laptop, gadget, server, dll terintegrasi oleh JAVA sebagai platform-nya.
website oracle:
http://www.oracle.com/index.html

dimana mendapatkan sertifikasi oracle certified associate?
-ikut kursusnya dan ujian sertifikasi dengan biaya sendiri (pastinya diatas Rp 15 juta)
-kuliah di POLTEKPOS.


4. CILT (Charterred International for Logistics and Transportation), Sertifikasi logistik dan transportasi internasional.
http://www.ciltuk.org.uk/pages/home
INDONESIA negara export-import, negara perdagangan dan retail, otomatis sertifikasi ini sangat dibutuhkan., bidang manajemen logistik sendiri sebagai bidang yang sangat menyerap tenaga kerja, perusahaan mana yang tidak butuh logistik? instansi pemerintah mana yang tidak punya logistik? pabrik mana yang tidak punya gudang dan bagian logistik? di kemiliteran, dari komandan batalyon sampai panglima TNI punya asisten 4/logistik, begitu pula tentara di seluruh dunia. mana ada bisnis tanpa logistik? oleh karena itu, ini bidang yang sangat prospektif. bagaimana cara mendapatkannya?
- kuliah di poltekpos, hanya poltekpos yang membuka jurusan bisnis logistik (D3 dan D4) dan memberikan sertifikasi CILT bagai alumninya.


5.ACLS (Advanced Cardiac Life Support), dokter alumni manapun tidak boleh praktek di rumah sakit kalo tidak mengantongi sertifikasi ini
http://www.acls-indonesia.com/


6.ATLS (Advanced Trauma Life Support), dokter di RS harus punya ini, terutama di IGD.
http://www.facs.org/trauma/atls/index.html


7.brevet pajak A, B dan C.
cara mendapatkannya:
-kursus di IAI (ikatan akuntan indonesia), UGM, UI, dll. dengan biaya kursus bervariasi
-kuliah akuntansi di POLTEKPOS langsung dapet brevet pajak A dan B


8. sertifikasi keahlian profesi (tergantung profesinya) contoh:
-sertifikasi profesi bidang fotogrametri,  bidang sistem informasi geografis, bidang survey dan pemetaan teristris, bidang remote sensing, bidang survey hidrografi dan pemetaan bathymetric dari ikatan surveyor indonesia untuk alumni teknik geodesi.


9. sertifikasi ISO.
temen saya IPK-nya cuma 2,5 dari teknik mesin ITB. dengan nekatnya dia mendaftar di AHM (Astra Honda Motor) yang mensyaratkan IPK minimal 2,75. tapi justru dia yang diterima karena dia mengantongi sertifikasi ISO (melalui kursus). ini gunanya sertifikasi....

Sumber
Sertifikat Berikut Penting Untuk Bekerja Sertifikat Berikut Penting Untuk Bekerja Reviewed by Denny Trisna on 4:38 PM Rating: 5

1 comment:

  1. waw, saya baru tahu kalau poltek POS memberikan sertifikasi CILT bagi lulusannya.
    artha

    ReplyDelete

Powered by Blogger.