Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen

Terdapat banyak pendapat yang menjelaskan pengertian tentang manajemen. Beberapa ahli menyatakan bahwa manajemen merupakan suatu seni untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang tersedia. Menurut Stoner dan Freeman dalam buku
Manajemen Kinerja (Wibowo, 2015: 2) menyebutkan bahwa Manajemen sebagai suatu proses perencanaan, pengorganisasian, memimpin, dan mengawasi pekerjaan anggota organisasi dan mengunakan semua sumber daya organisasi yang tersedia untuk mencapai tujuan organisasi yang dinyatakan dengan jelas. 
Menurut Sudarwan dan Yunan Danim (2010:18) manajemen sebagai sebuah proses yang khas, yang terdiri atas tindakan perencanaan, pengorganisasian, menggereakkan, dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia serta sumber lain untuk mencapai tujuan tertentu.


Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) dianggap sebagai suatu hal yang sangat penting bagi perusahaan untuk mengelola sumber daya manusia baik internal ataupun eksternal yang berupa outsourcing atau vendor secara produktif dalam rangka mencapai tujuan perusahaan.
Mangkunegara (2013:2) menyatakan bahwa Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan suatu perencenaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, pelaksanaan dan pengawasan terhadap pengadaan, pengembangan, pemberian balas jasa, pengintegrasian, pemeliaharaan dan pemisahan tenaga kerja dalam rangkaian mencapai tujuan organisasi. Manajemen sumber daya manusia dapat didefinisikan pula sebagai suatu pengelolaan dan pendayagunaan sumber daya yang ada pada individu (pegawai). Pengelolaan dan pendayagunaan tersebut dikembangkan secara maksimal di dalam dunia kerja untuk mencapai tujuan organisasi dan pengembangan individu pegawai.



Secara ringkas pernyataan para pakar pada dasarnya menyatakan bahwa manajemen sumber daya manusia (MSDM) itu merupakan penggunaan atau pemanfaatan SDM untuk mencapai tujuan organisasi. Adapun pemanfaatan SDM tersebut harus didasarkan kepada program dan kebijakan yang diambil seperti dikemukakan oleh Haris (2000:4) yang menyatakan bahwa”Human resource management as programs, policies, and practices for managing an organization’s work force”. (Yuniarsih, Tjutju dan Suwatno 2016:3)
Implementasi manajemen sumber daya manusia tergantung kepada fungsi operasional MSDM itu sendiri. Berdasarkan pendapat beberapa para ahli, Yuniarsih, Tjutju dan Suwatno (2016:6) menyimpulkan fungsi operasional manajemen sumber daya manusia meliputi ;

1. Perencanaan tenaga kerja
Perencanaan tenaga kerja dimaksudkan sebagai suatu upaya untuk merencanakan jumlah dan jenis tenaga kerja yang tepat untuk memenuhi kebutuhan guna mencapai tujuan organisasi. Fungsi ini dimulai dari analisis pekerjaan, rekrutmenm, penempatan sampai pada orientasi pekerjaan.

2. Pengembangan tenaga kerja
Adapun tujuan pengembangan sumber daya manusia diarahkan untuk mengubah sumber daya manusia yang potensial tersebut menjadi tenaga kerja yang produkti, serta mampu dan terampil sehingga menjadi efektif dan efisien dalam mencapai tujuan organisasi.

3. Penilaian Prestasi Kerja
Melalui penilaian prestasi kerja, maka dapat diketaui karyawan yang mempunyai prestasi kerja yang baik maupun yang kurang. Hal ini akan berdampak pada pemberian kompensasi.

4. Pemberian Kompensasi
Kegiatan disini meliputi penentuan sistem kompensasi yang mampu mendorong prestasi karyawn, dan juga menentukan besarnya kompensasi yang akan diterima oleh masing-masing pekerja secara adil.

5. Pemeliharaan Tenaga Kerja
Dalam pemeliharaan sumber daya manusia ada beberapa yang perlu dikaji antara lain tentang kepuasan kerja karyawan, pengelolaan konflik, motivasi karyawan dan komunikasi yang terjadi dalam organisasi.

6. Pemberhentian
Istilah pemberhentian atau separation, pemisahan adalah pututsnya hubungan kerja seseorang dari organisasi (perusahaan) yang disebabkan oleh keinginan karyawan, keinginan organisasi, pensiun atau sebab-sebab lain yang diatur oleh undang-undang.


(dari berbagai sumber)
Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Sumber Daya Manusia Reviewed by Denny Trisna on 9:43 PM Rating: 5

1 comment:

  1. Terima kasih ilmunya gan.
    sangat bagus sekali dan sangat menambah wawasan saya tentang SDM.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.